Database Konsultan Kesehatan
English | Indonesian | Login

Latar Belakang


Dalam rangka meningkatkan kinerja para penerima hibah Global Fund dan fungsi oversight dari CCM GF-ATM, telah diselenggarakan proyek Management and Technical Assistance Facility (MTAF) sejak tahun 2011 sampai tahun 2013, yang telah berhasil membangun sistem/mekanisme nasional dukungan konsultansi bidang kesehatan. Sistem/mekanisme ini pun sudah dilengkapi dengan pangkalan data konsultan kesehatan nasional berbasis web.

Sistem/mekanisme nasional dukungan konsultansi bidang kesehatan tersebut selanjutnya diadopsi oleh Pemerintah (cq Kementerian Kesehatan), dengan melembagakan MTAF menjadi suatu komite yang disebut Komite Pendayagunaan Konsultan Kesehatan (KPKK). Pembentukan KPKK ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kesehatan Nomor  HK.03.01/IV/SK/230/2014. Dalam keputusan menteri ini disebutkan bahwa ruang lingkup pelayanan KPKK tidak terbatas pada dukungan terhadap pelaksanaan hibah GF-ATM, melainkan juga dukungan terhadap program/proyek kesehatan lain.
Pembina Komite Pendayagunaan Konsultan Kesehatan adalah Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDMK) Kementerian Kesehatan.

Dengan telah terbentuknya KPKK, maka pengelolaan pangkalan data konsultan kesehatan dilakukan oleh KPKK. Bahkan setelah terbentuknya Ikatan Konsultan Kesehatan Indonesia (Ikkesindo), kegiatan registrasi, kategorisasi, klasisifikasi, dan sertifikasi konsultan kesehatan akan dilaksanakan melalui kerjasama dengan Ikkesindo dan organisasi-organisasi profesi kesehatan.