Database Konsultan Kesehatan
English | Indonesian | Login

Pengembangan Konsultan Kesehatan dengan Pendekatan Jarak Jauh dan Tatap Muka


img Dalam rangka penyediaan konsultan kesehatan untuk berbagai program hibah GFATM di Indonesia, Management and Technical Assistance Facility (MTAF) telah mengembangkan sebuah database konsultan kesehatan yang berbasis web, menjadikannya mudah untuk di akses dari mana saja. Salah satu langkah pengembangan database ini adalah dengan menjaring sebanyak mungkin konsultan kesehatan dari berbagai bidang dan berbagai daerah di Indonesia agar terdaftar pada database MTAF, yang bisa diakses oleh penerima hibah program GFATM. Kebutuhan akan konsultan yang bergerak di bidang kesehatan dan bidang-bidang lainnya yang terkait, termasuk pada program-program hibah GFATM, masih sangat besar.

Tanggal 3 Oktober 2013 dilaksanakan kerjasama antara MTAF dengan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada dalam bentuk sebuah lokakarya “Pengembangan Konsultan Kesehatan dengan Pendekatan Jarak Jauh dan Tatap Muka”.

img} Kegiatan ini merupakan bentuk tindak lanjut atas usaha MTAF dalam menjaring konsultan kesehatan yang berkualitas dari berbagai bidang dan berbagai daerah di Indonesia. Ini adalah kedua kalinya M TAF melaksanakan kerjasama dengan pihak universitas, yang sebelumnya pernah dilaksanakan dengan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Lokakarya ini diadakan di FK UGM, Yogyakarta, dengan sekitar 30 peserta yang hadir pada ruangan pertemuan. Sesuai dengan namanya, lokakarya ini pun mengundang peserta lainnya yang tidak bisa hadir pada ruangan pertemuan tersebut (Jarak Jauh) dengan mendayagunakan fasilitas teknologi dan jaringan internet. Sekitar 80 peserta “online” untuk mengikuti lokakarya ini yang disiarkan melalui “live streaming” dari website www.kebijakankesehatanindonesia.net.

Sesi lokakarya ini pun direkam dan bisa diakses pada website tersebut. MTAF diundang untuk mensosialisasikan database konsultan kesehatan yang bisa diakses di www.konkes.org.

Selain untuk mensosialisasikan database konsultan kesehatan MTAF, lokakarya ini juga bertujuan untuk menjaring lebih banyak lagi konsultan kesehatan dengan mendaftarkan mereka yang belum terdaftar pada database MTAF.

Pendaftaran ini pun dipandu oleh dr. Bambang Hartono, SKM, M.Sc dan tim MTAF pada sesi tersendiri. Tidak terfokus hanya pada sosialisasi database konsultan kesehatan MTAF beserta pendaftaran calon-calon konsultan.

Lokakarya ini pun dilengkapi dengan sesi lainnya yang berisikan informasi tentang pekerjaan konsultan itu sendiri beserta penjelasan mengenai kebutuhan akan konsultan tersebut pada program-program kesehatan, khususnya mengenai manajemen kesehatan. Informasi ini disampaikan oleh Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc, PhD dari FK UGM yang menjadi ketua PKMK (Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan) FK UGM.

Hasil kegiatan ini telah menghasilkan penambahan calon konsultan di dalam databa se konsultan kesehatan MTAF, serta akan diadakannya tindak lanjut dari lokakarya ini berupa dokumentasi lokakarya ini di dalam website FK UGM maupun website MTAF dan lokakarya serupa dengan pihak yang berkepentingan lainnya, seperti universitas dan/atau or ganisasi lainnya di Yogyakarta.

Untuk dokumentasi kegiatan ini selengkapnya bisa dilihat melalui link website di