Database Konsultan Kesehatan
English | Indonesian | Login

Lokakarya Konsultan Kesehatan Nasional


img Management and Technical Assistance Facility (MTAF) menyelenggarakan “Lokakarya Konsultan Kesehatan Nasional” di Hotel Santika Bogor pada tanggal 18 - 19 September 2013.

Lokakarya yang berlangsung selama 2 hari ini dipenuhi berbagai sesi tentang informasi MTAF, informasi hibah Global Fund beserta pengelolaannya, informasi mengenai konsultan kesehatan dan kegiatan sosialisasi website dan database konsultan kesehatan MTAF.

Lokakarya ini diikuti oleh perwakilan dari universitas dan dinas kesehatan yang berasal dari 6 propinsi di Indonesia, yaitu: Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan dan DKI Jakarta.

Pada hari pertama, Rabu, 18 September 2013, lokakarya dibuka secara resmi pada pukul 19:00 WIB oleh dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes selaku National Project Director dari MTAF. Beliau mendukung adanya lokakarya ini dengan harapan bahwa MTAF dapat mensosialisasikan database konsultan kesehatan ke jaringan yang lebih luas, serta dapat menjaring lebih banyak lagi konsultan kesehatan Indonesia yang berkualitas. Konsultan kesehatan yang berkualitas akan bisa membantu program-program kesehatan untuk memajukan kesehatan Indonesia secara menyeluruh.

Di acara hari pertama, terdapat sesi yang menceritakan mengenai MTAF beserta kegiatannya yang disampaikan oleh dr. Haikin Rahmat, MSc sebagai team leader MTAF.

Selain informasi mengenai MTAF, terdapat pula sesi yang disampaikan oleh drg. TiniSuryanti, M.Kes dari Biro Perencanaan Kementerian Kesehatan mengenai pembiayaan konsultan berdasarkan ketentuan pemerintah yang berlaku, dikarenakan belum adanya standardisasi harga jasa konsultan. Pemaparan tentang pembiayaan konsultan dijelaskan secara lengkap, termasuk mengenai pembiayaan jasa konsultan asing.

img Pada hari kedua, Kamis, 19 September 2013, lokakarya bersambung kembali setelah sarapan pagi.

Sesi pertama disampaikan oleh Prof. Dr. dr. Ascobat Gani mengenai cara menjadi konsultan yang baik. Beliau tidak saja memaparkan teori menjadi konsultan yang baik, tapi juga berbagi banyak pengalaman pribadi beliau sebagai konsultan kesehatan yang sudah ternama. Sesi ini berlangsung sangat meriah dan mendapatkan banyak respon baik dari para peserta.

img} Selanjutnya sesi berikutnya disampaikan oleh dr. Carmelia Basri, yang merupakan bagian dari tim MTAF, menjelaskan tentang prosedur hibah Global Fund. Dikarenakan MTAF sampai saat ini masih memfasilitasi program-program kesehatan para penerima hibah Global Fund, pengetahuan tentang prosedur hibah Global Fund, dan dasar penilaian Global Fund yang performance-based penting diketahui oleh para konsultan. Sesi ini berisikan informasi mengenai sejarah hibah Global Fund, prosedur yang harus dilewati oleh para penerima hibah, serta informasi mengenai New Funding Model, yaitu sebuah cara pendanaan Global Fund yang baru diberlakukan.

Sesi berikutnya adalah kegiatan sosialisasi website dan database MTAF yang disampaikan oleh Dr. dr. Bambang Hartono. Database MTAF berbasis web, dan hal ini memudahkan pendaftaran calon-calon konsultan kesehatan maupun akses terhadap daftar konsultan dari berbagai tempat.

Di dalam sesi ini dijelaskan secara lengkap mengenai database MTAF serta fasilitas yang tersedia di dalam database ini. Sesi ini juga menunjukkan langkah-langkah bagaimana cara para konsultan mendaftarkan diri ke dalam database MTAF dengan harapan bahwa di akhir sesi ini para peserta bisa mendaftarkan dirinya pada database MTAF.

Sesi penutup merupakan sesi yang berisikan rencana tindak lanjut dari lokakarya ini. Diharapakan bahwa tindak lanjut dari acara ini merupakan lokakarya-lokakarya lainnya yang diadakan di daerah masing-masing demi pengembangan database konsultan kesehatan MTAF.

Sebelumnya, MTAF telah bekerja sama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia dalam mengadakan lokakarya dan sosialisasi website dan database MTAF yang mendapatkan respon positif dari para pesertanya. Selanjutnya sudah direncanakan untuk diadakan lokakarya dan sosialisasi website dan database MTAF dengan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada pada hari Kamis 3 Oktober 2013.

Besar harapan MTAF untuk terus mengembangkan database konsultan kesehatan MTAF demi terlaksananya program-program kesehatan Global Fund yang bermanfaat bagi kesehatan Indonesia.